Tuesday 29 September 2009

Kenapa Kita Butuh Financial Planning

Kenapa kita membutuhkan Financial Planning atau perencanaan keuangan ? Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, sebenarnya ada yang lebih penting kita jawab adalah siapakah yang membutuhkan perencanaan keuangan ? Jawabannya adalah siapakah yang paling perduli dengan hidup anda nanti ? Anda sendiri, anak-anak anda atau orang lain ? Kita sebagai manusia perlu jaminan hidup di masa tua, kita perlu adanya sedikit kepastian dimana kita akan berada bilamana kita sudah memasuki usia pensiun, kita perlu kesejahteraan di masa tua.

Ada beberapa pilihan yang dapat kita lakukan pada saat kita memasuki usia pensiun sehingga kita mengetahui dimana kita berada nanti, yaitu :

- Bergantung pada orang lain
- Meninggal dunia
- Tetap bekerja
- Mandiri
- Sejahtera

Kita sudah mengetahui bahwa di masa depan yang harus kita hadapi serba tidak pasti dan kalau ditanya kepada setiap manusia pasti akan memilih hidup sejahtera dimasa tuanya. Tetapi bagaimanakah kita dapat mempersiapkan hidup kita sebagaimana manusia yang sejahtera ? Dan perlu diingat kesejahteraan bukan dibangun dalam waktu yang singkat, tidak mungkin dibangun dalam sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun. Kesejahteraan perlu dibangun dalam jangka waktu yang lama dengan melakukan akumulasi sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun.

Pada jaman sekarang ini kecenderungan suatu keluarga adalah memiliki anak yang lebih sedikit daripada saat dunia mengalami baby booming sekitar tahun 1950an sampai 1960an, hal ini disebabkan karena berhasilnya program keluarga berencana pemerintah dan kesadaran masyakat akan pendidikan anak-anak mereka. Banyak keluarga sudah menyadari begitu mahalnya biaya pendidikan dan biaya hidup untuk menghidupi keluarga di masa yang akan datang.

Kita akan berubah menjadi sangat tidak bijaksana, bilamana di masa tua, kita bergantung hidup pada anak-anak kita, padahal sekarangpun kita sudah menyadari biaya hidup makin hari akan makin meningkat. Kecenderungan manusia sekarang adalah hidup lebih lama, yang disebabkan oleh membaiknya sarana pelayanan kesehatan dan kesadaran akan hidup sehat. Kalau kita bergantung pada anak-anak kita, akan menyebabkan anak-anak kita menanggung biaya yang mahal untuk menghidupi beberapa generasi. Misalkan kita pensiun pada usia 55 tahun anak kita akan memasuki usia 30 tahun dan memiliki keluarga juga, ketika kita berusia 80 tahun, anak kita memasuki usia pensiun dan cucu kita akan menghidupi 4 generasi yaitu cicit kita, cucu kita, anak kita dan kita sendiri. Mampukah mereka membiayainya ? Perencanaan keuangan yang baik akan membuat kita keluar dari permasalahan yang seperti ini, kita yang akan membiayai hidup kita, kita akan sejahtera nanti di masa tua, kita hidup bebas dari masalah keuangan dan tidak tergantung pada orang lain. Kita mampu menghadapi masa depan yang serba tidak pasti.

No comments:

Post a Comment