Wednesday 17 February 2010

Perencanaan Pensiun Kacau, Bisa Berdampak Sistemik

Agar tetap menjalani kehidupan yang memadai ketika pensiun nanti, kita perlu mengumpulkan dana dari sekarang, salah satunya melalui Asuransi Dana Pensiun. Sehingga di masa pensiun nanti, keuangan akan mapan dan tentunya tidak akan berdampak sistemik.

Mungkin Anda sering mendapati sebuah fenomena yang bisa kita lihat dilingkungan sehari-hari, berapa banyak orang berusia lanjut yang masih mencari nafkah untuk membiayai kehidupan di hari tuanya? hanya karena mereka tidak menyadari betapa pentingnya mempersiapkan perlindungan asuransi yang sesuai untuk masa pensiun mereka.

Dengan mata berkaca-kaca seorang ayah berkata kepada anak-anaknya, “Sekarang ayah sudah pensiun. Kita tak bisa hidup seperti dulu lagi, harus hemat ya nak.” Jauh dilubuk hatinya, sang ayah sangat menyesal, mengapa tidak menyiapkan masa pensiunnya sejak dulu. Dengan uang pensiun yang diterima setiap bulan , sang ayah tak bisa bergaya hidup bergaya seperti dulu.

Sikap setiap orang dalam mempersiapkan dana pensiun berbeda-beda. Bagi yang berusia 20-an tahun, mempersiapkan pensiun bukan lah hal penting. Bagi orang berusia 30 tahun hingga 40 tahun, dana pensiun belum menjadi fokus utama. Namun, bagi orang di atas 50 tahun, pensiun adalah kenyataan yang harus segera dihadapi.

Begitu memasuki masa senja ini, orang baru sadar untuk mempersiapkan masa pensiun. Padahal, jika ingin menikmati indahnya pensiun, semakin cepat kita mulai bersiap untuk pensiun, tentu akan lebih baik. Dana yang disisihkan setiap bulannya juga relatif kecil. Penting Anda cermati, kondisi kehidupan saat pensiun, bergantung pada Anda sendiri. Anda akan menikmati masa pensiun yang menyenangkan, kaya dan berkelimpahan jika Anda mau mempersiapkannya sejak dini, saat ini juga. retirement_clock

Jadi sangat bijaksana jika Anda bekerja keras dalam berkarya dan menyisihkan sebagian penghasilan disisihkan untuk dana pensiun, demi masa depan yang gemilang. Jadi pertanyaannya : “Mengapa Anda tidak merencanakan masa pensiun Anda sekarang ?” Kalau Anda tidak mempersiapkan dari sekarang, kondisi finansial Anda nanti bisa berdampak sistemik.

Tunggu apa lagi, segera action.

No comments:

Post a Comment